Air di Bulan Punya 3 Rasa

25 03 2010

Sejak keberadaan air ditemukan di Bulan, para ilmuwan tak lagi menganggap satelit alami Bumi tersebut sebagai tempat berbatu. Kini riset terbaru menyebutkan, air di Bulan memiliki tiga rasa. Sebelumnya, para ilmuwan menganggap Bulan merupakan tempat yang kering. Namun hal itu terbantahkan sejak tahun lalu, oleh dua temuan dari perangkat Mini-SAR dan Moon Mineralogy Mapper, pada roket penyelidik Bulan milik India, serta misi LCROSS NASA.

DilansirSpace, Selasa (23/3/2010), tahun lalu Mini-SAR menemukan 40 kawah yang masing-masing berisi air beku dengan kedalaman kurang lebih dua meter dari permukaan Bulan. Sementara itu misi menabrakkan LCROSS ke Bulan pada 9 Oktober 2009 pun menemukan bukti adanya air di wilayah kawah yang lain.

Sejak penemuan air di Bulan, tim ilmuwan semakin rajin menggali data dari sampel bekas tabrakan LCROSS ke Bulan.”Sejauh ini kami menemukan ada tiga jenis air di Bulan,” kata Paul Spudis dari Lunar and Planetary Institute di Houston, Texas. Sementara itu Kepala Investigasi LCROSS Anthony Colaprete menyebutkan, pada kawah di Bulan, setidaknya ada dua lapisan tanah berbeda yang berisi air. “Kedua lapisan tanah itu merepresentasikan dua zaman yang berbeda,” kata Colaprete.”Lapisan pertama menyemburkan air dari kawah dalam dua detik pertama setelah tabrakan LCROSS. Lapisan ini berisi air dan hydroxyl yang terikat dalam mineral air es murni,”Sementara itu, lapisan kedua benar-benar berbeda. Colaprete menyebutkan, pada lapisan ini terdapat lebih banyak air es ditambah komposisi lain yang belum pernah dilihat sebelumnya.”Sejauh ini kami menemukan ada sulfur dioxide (SO2), methanol (CH3OH), dan molekul organik diacetylene (H2C4). Lapisan ini nampak lebih dalam dibanding lapisan pertama dan diduga memiliki usia lebih tua ketimbang lapisan pertama,” terangnya.

Namun seperti dikatakan Spun, ilmuwan belum menemukan alasan, mengapa beberapa kawah berisi es murni sementara yang lainnya didominasi oleh campuran tanah dan es. Hal ini menandakan, sumber air di Bulan ada lebih dari satu.

Sumber = okezone.com

Hot News:

Baca juga ditemukan air di bulan
Untuk para pengunjung yang ingin info sains dan teknologi kunjungi juga sainsnews.blogspot.com


Aksi

Information

One response

27 12 2012
lucitalestari

wahhh kurnag tahu yaa kalo ada yang berbeda dari rasa air di bulan. soalnya saya juga blm pernah mencicipi rasanya apa lagi menginjakan kaki ke bulanđŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: