Diet Sehat bagi Penderita Maag

25 10 2009

Tak jarang penderita Maag juga mengalami masalah kelebihan berat badan. Karena itu, mereka pun ingin berdiet. Tapi, bagaimana agar Maag tidak kambuh tapi diet tetap jalan? Seseorang dikatakan terkenga Maag, atau dalam istilah kedokteran disebut dyspepsia, adalah timbul keluhan rasa mual di ulu hati, kembung, sering bersendawa, cepat kenyang ataupun rasa lain yang disebabkan oleh kelainan saluran pencernaan.

Yang dapat memicu gejala Maag tersebut adalah jumlah asam lambung yang berlebihan. Sebenarnya asam lambung itu berfungsi untuk membantu pencernaan makanan, namun apabila asam lambung terproduksi secara berlebihan maka akan menyebabkan masalah. Produksi asam lambung akan meningkat ketika tubuh membutuhkannya. Misalnya pada saatnya makan.

Pola makan yang tidak teratur adalah penyebagb timbulnya sakit Maag. Sementara lambung memproduksi asam lambung secara teratur. Jadwal makan yang tidak teratur membuat lambung sulit untuk beradaptasi. Jika produksi asam berlebih ini berlangsung terus-menerus, maka lama-kelamaan akan mengiritasi dinding mukosa pada lambung, lalurasa perih dan mual pun akan timbul.

Factor lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena Maag adalah stress. System persyarafan di otak berhubungan dengan lambung.  Saat seseorang mengalami stress maka  akan terjadi perubahan hormonal dalam tubuh. Perubahan-perubahan itulah yang merangsang sel-sel di dalam lambung yang kemudian memproduksi asam secara berlebihan. Asam yang berlebihan inilah yang pada akhirnya menimbulkan perih, nyeri, dan kembung. Apabila hal tersebut terjadi pada jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan luka pada dinding lambung.

Pada dasarnya Maag itu terbagi menjadi dua jenis. Pertama, Maag fungsional yaitu pada penderita tidak ditemukan peradangan atau luka, tetapi penderita merasakan keluhan kembung pada perutnya tanpa ada suatu penyebab yang pasti. Biasanya penderita Maag jenis ini pnyebabnya adalah stress, makan yang tidak teratur, atau meminum kopi atau minuman yang mengandung soda sebelum makan. Kedua Maag organic. Penyebabnya adalah peradangan kerongkongan, tukak lambung dan usus dua belas jari, tumor pada saluran cerna atas serta kuman Helicobacter pylori.

Lantas, apakah penderita Maag dapat menjalankan diet karena penderita Maag tidak bisa perutnya kosong? Pada dasarnya seseorang penderita Maag tidak boleh mengalami kekosongan pada perutnya. Namun, mereka tetap bisa melakukan diet. Caranya adalah biasanya seseorang memakan makanan sebanyak tiga kali, kalau untuk penderita Maag maka banyak jumlah makan di bagi lima sampai enam kali.

Cara membaginya adalah jika seseorang makan pagi, maka sebaiknya jumlah makanan yang ia konsumsi hanya setengahnya saja, lalu setengahnya lagi dapat dikonsumsi pada pukul sepuluh. Lakukan juga hal yang sama pada makan siang. Konsumsi setengahnya atau tiga perempatnya, lalu sisanya dapat dikonsumsi pada pukul empat sore. Sementara untuk konsumsi makan malam seperti biasa atau bisa juga dibagi menjadi dua seperti makan pagi dan makan siang.

Diet bagi para penderita Maag tidak akan berbahaya, asalkan diet dilakukan dengan cara yang tepat dan benar. Selain itu banyaklah mengonsumsi air putih, karena air putih dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman. Jika seorang penderita Maag ingin melakukan diet ketat, pelaksanaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Walaupun melakukan diet, penderita Maag juga harus memperhatikan asupan gizinya. Makro dan mikro nutrient juga harus terpenuhi. Jumlah kalori memang harus dikurangi tetapi tidak mengurangi zat-zat penting lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Pengolahan makanan juga harus diperhatikan. Jumlah kalori dan lemak yang terkandung dalam nasi putih biasa dan sayur pasti akan berbeda dengan jumlah kalori yang terdapat dalam nasi goreng. Selain makanan yang diperhatikan, maka pola hidup dan pola makan yang teratur juga harus diperhatikan, karena kebanyakan sakit Maag disebabkan oleh ketidakteraturan pada pola makan dan pola hidup, serta factor stress pada keadaan tertentu.

Selain pengaturan makanan dan pola hidup, aktivitas juga diperlukan untuk mengurangi penumpukan lemak yang terjadi pada tubuh. Karena itu, disarankan untuk melakukan aktivitas olahraga, seperti berenang, jalan cepat, berlari atau melakukan pekerjaan rumah, setidaknya setengah jam dalam sehari. Aktivitas tersebut akan membantu pembakaran lemak-lemak dalam tubuh.

Baca juga Makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag


Aksi

Information

3 responses

27 12 2012
lucitalestari

mmmhhh… manfaat banget nih gan buat saya yang sedang menjalankan program diet tapi punya maag jugaa. pantangannya juga banyak banget gan buat orang mah menjalani diet…

28 03 2010
aRiyanti

Yap.. Bermanfaat bgt!

Cuma ak mw tanya
Td djelaskn klo biasa ny penderita maag cepat kenyang
Apakah it brarti kalo penderita maag jg kehilangan nafsu makan?

Bagaimana jika penderita maag adl peng-hobi mkanan pedas, pdhl hal tsb utk mndongkrak nafsu makan..

Makasih
Sangat brmnfaat skali info nya..
🙂

..
,,

29 03 2010
koesandi

hal itu biasanya sering terjadi kalo dah akut. biasanya gejala yang sudah akut yang sering muncul biasanya adalah nyeri di ulu hati, mual, muntah, tidak nafsu makan, kembung, penurunan berat badan, perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: