Gigi Kuat dan Usir Bau Badan dengan Sirih

21 10 2009

Tanaman sirih (Piper betle) merupakan jenis tanaman merambat dan memiliki akar yang dapat merekat pada pohon lain.

Semua bagian tanaman sirih, mulai dari akar, daun hingga bijinya bisa digunakan untuk obat. Berbagai khasiatnya, antara lain sebagai obat luka pada kulit, obat kumur, sariawan, asma, batuk, encok, hidung berdarah (mimisan), kepala pusing, radang selaput lendir pada mata dan hidung, peluruh angin, batuk kering, bau mulut, gigi goyah, gusi bengkak, radang tenggorokan, dan menghilangkan haus.

Sirih mempunyai bau yang khas dan harum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kunyahan yang berfungsi obat. Tak heran jjika buah dan daun sirih digunakan oelh sebagain penduduk Asia, seperti India, Malaysia, dan Indonesia, dalam tradisi “makan sirih”, yaitu mengunyah daun sirih yang masih segar dicampur irisan buah pinang, gambir dan kapur sirih. Kunyahan bahan tersebut akan memberikan rasa hangat, aromatis, dan pahit. “Makan sirih” dianggap dapat mengawetkan gigi, menambah ketahanan tubuh, mencegah gangguan pada perut, untuk stimulant saraf, dan lain sebagainya.

Pada daun sirih terkandung minyak atsiri(sekitar 1-4,2 persen). Karena kandungan minyak atsiri pula, daun sirih mempunyai aroma yang khas. Minyak atsiri pada sirih terdiri atas campuran berbagai fenol dan terpene. Ada dua fenol yang dikenal dalam minyak sirih, yakni betel fenol (kavibetol) dan kavikol.

Selain itu daun sirih juga efektif untuk menghilangkan bau badan, serta membunuh jamur dan bakteri di ketiak.

Penggunaannya cukup sederhana, untuk resep herbal yang diminum Anda cukup menyeduh dengan 200 cc air panas mendidih dengan 7 lembar daun sirih yang disobek-sobek dalam gelas. Tutup gelas selagi panas agar minyak atsiri yang mampu mengilangkan bau badan dan mengurangi keluarnya keringat tidak menguap. Lalu minum jika sudah dingin. Minum sehari sekali pada pagi hari, tidak masalah diminum saat perut dalam keadaan kosong.

Sedangkan untuk perawatan dari luar Anda bisa mandi dengan air rebusan sirih. Rebus 20 lembar daun sirih dengan 3 liter air sampai mendidih. Setelah itu tutp rebusan air sirih sampai dingin. Setelah Anda mandi bersih dengan sabun, gunakan air rebusan ini untuk bilasan terakhir pada ketiak dan seluruh tubuh. Selain mengurangi produksi keringat, rebusan ini ampuh membunuh bakteri dan jamur.


Aksi

Information

3 responses

11 01 2014
mbokeambu

Hari gini masih bau badan??? TERLALU
Memperkenalkan Obat Bau Badan Produk Asli Indonesia
Deorex Body Odorizer adalah deodorant non perfume untuk menghilangkan, mengobati dan mengendalikan bau badan secara aman dan nyaman tanpa perlu memikirkan alergi pada kulit, hitam pada ketiak, gatal-gatal dan tidak meninggalkan noda pada baju membuat saya terbebas dari bau badan hanya dalam waktu yang relative singkat.
http://www.tokopedia.com/neviola/deorex-body-odorizer

7 02 2013
30 03 2010
anti bau badan

bau badan dapat diatasi dengan efektif dengan sabun kristal, (klik link anti bau badan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: