Olahraga Sambil Bekerja? Bisa!

17 10 2009

Tubuh kita tak betah diam berlama-lama. Makin lama Anda berada dalam posisi yang sama, makin besar pula ketegangan di titik tersebut. Bagi Anda yang kelamaan “terjebak” di belakang meja, ada baiknya melakukan ‘olahraga’ sambil duduk ataupun berdiri. Tak ada alat khusus yang dibutuhkan. Anda bahkan bisa melakukannya setiap dua jam sekali.

Satu hal yang perlu diingat, olahraga ini takkan melangsingkan tubuh atau membentuk otot. Tujuannya adalah mengurangi ketegangan otot, serta menjaga fleksibilitas dan kekuatan otot yang Anda miliki sekarang.

Berikut beberapa bentuk latihan yang bisa dicoba di tempat kerja. Bernapas normal ketika meregangkan tubuh dan tuntaskan setiap gerakan dengan satu tarikan napas panjang dan dalam. Selamat berolah raga di sela kerja!

Senam Muka

Gerakannya simple dan bisa dilakukan sambil mengerjakan tumpukan laporan yang sudah menanti. Caranya, tegakkan kepala Anda. Untuk peregangan pipi, gerakkan mulut seolah-olah Anda sedang mengucapkan huruf a-i-u-e-o. untuk peregangan mata dan dhi, tutup mulut Anda rapat-rapat, lalu pejamkan mata sekuat-kuatnya. Tahan 5 detik, lalu lepaskan. Lakukan berulang-ulang sesuka hati Anda.

Senam Leher

Tegakkan tubuh, kepala dimiringkan ke kanan sejauh mungkin, lalu ke kiri, ke depan (dagu menjauhi tenggorokan), dan kebelakang (tengkuk menempel dengan punggung). Ulangi dua kali untuk setiap gerakan.

Senam Pundak

Letakkan kedua jari-jari tangan di atas kedua pundak, sikut mengarah ke samping. Tarik sikut ke belakang sejauh mungkin, lalu dorong ke depan sehingga kedua ujung sikut bertemu di depan dada. Ulangi 10 kali. Kemudian satukan kedua jari-jari tangan, tarik tangan ke atas kepala. Tahan 5 detik, ulangi 10 kali.

Senam Pergelangan Tangan

Jauhkan tangan Anda dari keyboard. Pegang bagian atas tangan kiri dengan tangan kanan. Tekan perlahan hingga pergelangan tangan kiri Anda mengeluarkan bunyi ‘klik’. Tahan 3-5 detik. Ulangi gerakan yang sama untuk tangan kanan.

Senam Kaki

Kaki adalah fondasi tubuh. Karena itu, menjaganya agar tetap lentur dapat mencegah penyakit di tubuh bagian atas. Pada gerakan kaki, Anda harus berdiri. Kedua kaki sedikit dilebarkan, lalu angkat satu kaki ke atas kursi. Jaga punggung tetap lurus sembari tubuh membungkuk dan tangan meraih ujung jari kaki. Tahan posisi ini 3-5 detik. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang satunya lagi.

Senam Paha

Duduk bersandar, letakkan kedua tangan di bawah paha kanan. Tarik lutut kearah dada, lalu luruskan kaki kanan Anda sejauh mungkin. Ulangi gerakan ini dengan kaki kiri. Lakukan 3-5 kali untuk masing-masing kaki

Senam Jari Kaki

Gerakan ini bisa dilakukan sambil duduk. Lepas kedua alas kaki, rapatkan telapak kaki ke lantai. Angkat tumit (seperti berjinjit), tahan 10 detik. Kembali ke posisi awal. Angkat jari-jari kaki hingga hanya tumit yang menyentuh lantai, tahan juga 10 detik.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: