Indonesia Kunci untuk Mengerti Masalah Iklim Global

2 09 2009

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah yang luas, bertopografi kompleks, serta jumlah penduduk besar, Indonesia merupakan // kawasan kunci untuk mengerti masalah iklim di tingkat global. Pengetahuan yang menyeluruh tentang kondisi iklim Indonesia dinilai akan sangat membantu menekan dampak negatif pemanasan global yang diindikasi sedang dan akan terus terjadi di seluruh bagian dunia.

Prof Toshio Koike, pakar iklim dari Universitas Tokyo yang juga Eksekutif Direktur Lembaga Observasi Bumi dan Riset Fusi Jepang, menyatakan, ada dua komponen utama yang menjadikan Indonesia sebagai kawasan kunci yang sangat berpengaruh bagi iklim di kawasan Asia hingga dunia.

Pertama, Indonesia adalah pusat sirkulasi monsun Asia yang kerap dilanda gejala alam El Nino dan La Nina yang tentu saja sangat berpengaruh bagi kawasan di sekitarnya. Itu menandakan kondisi atmosfer, daratan, serta lautan di Indonesia sangat besar artinya bagi daratan (negara) lain di sekitarnya.

Kedua,  populasi yang besar dan tersebar di ribuan pulau dengan topografis kompleks menjadikan Indonesia acuan penanganan berbagai masalah yang terjadi akibat perubahan iklim ekstrem. Berdasar penelitian, beberapa bencana, terutama banjir yang melanda sejumlah kawasan Asia Tenggara dan Selatan, serta Australia akhir-akhir ini, tidak dapat dilepaskan dari banjir di Indonesia,
khususnya banjir besar yang sering terjadi di Jakarta. Pengetahuan yang lebih utuh atas satu kawasan seperti Indonesia akan sangat berguna bagi kawasan lain maupun Indonesia sendiri.

Pemantau atmosfer Kepala BPPT Prof Said D Jenie menyatakan, pemerintah berkolaborasi dengan lembaga iklim dan hidrologi sejumlah negara akan memperkuat penelitian iklim dan atmosfer di Indonesia.Koike menyatakan, mengingat strategisnya posisi dunia dalam isu soal iklim global, pemerintah Indonesia diimbau untuk segera mengambil peran yang lebih besar dalam diskusi persoalan perubahan iklim di tingkat global


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: