6 Alasan Berat Badan tak Unsung Turun

31 08 2009

Dapatkah Anda menjadi kurus dengan diet? Ya, tapi harus bertahap. Bisakah anda menjadi langsing dengan rajin ke gym? Tentu, tapi harus diiringi dengan pola makan yang benar.

Sudah melakukan itu semua, tapi angka timbangan belum berubah juga? Sebaiknya anda memahami kondisi tubuh terlebih dahulu. Ada beberapa alasan yang menyebabkan anda tak bisa menurunkan berat badan, seperti tertera di bawah ini.

Kurang tidur

Orang yang kurang tidur mengalami perubahan system metabolisme. Perut anda seolah tak kunjung penuh walaupun sudah diiisi. Dalam jangka waktu panjang, terjadi pula perubahan pada metabolisme glukosa yang bisa menyebabkan obesitas.

Singkat kata, jangan suka begadang kalau anda ingin menurunkan berat badan. Selain berpengaruh secara fisik, mental pun terganggu. Kurang tidur bisa membuat anda mudah marah, bingung, bahkan depresi saat berhadapan dengan masalah.

Input Latihan tak Konsisten

Kalau tujuannya ingin kurus, anda harus workout 5-6 hari per pecan dengan durasi 30-45 menit tiap sesinya. Sebanyak itukah? Ya. Dan, harus dilakukan dengan konsisten. Awalnya pelan-pelan dulu. Setelah tubuh terbiasa, tantang diri anda dengan latihan yang lebih berat. Semakin keras, semakin banyak kalori yang terbakar.

Begitu anda mendapat angka yang diinginkan, jangan mengurangi intensitas apalagi berhenti. Kalau anda vakum terlalu lama saja, tubuh harus beradaptasi dari awal lagi. Karena itu, atur program yang realistis sesuai dengan gaya hidup, waktu, dan kebutuhan anda.

Kondisi Medis Tidak Mendukung

Ada bebarapa obat yang memberi efek samping membuat tubuh menjadi gemuk, bagi orang-orang tertentu. Obat yang umum adalah obat hormone untuk mengatur kehamilan atau menopause, obat anti-depresan, obat diabetes, atau obat tidur. Karena itu, sebaiknya anda konsultasi dulu dengan dokter sebelum menjalani program penurunan berat badan.

Terlalu Banyak Makan

Sudah jelas, banyak makan pasti berujung pada kegemukan. Tapi, kecuali anda benar-benar menghitung kalori yang masuk setiap hari, besar kemungkinan anda terlalu banyak makan. Makanan  yang mengandung lemak dan gula mampu memberikan efek nagih pada otak. Karena itu, jika anda serius ingin memangkas lemak, aturlah pola makan anda.

Berat Badan Sudah Ideal

Coba Tanya lagi pada diri anda, apakah anda benar-benar harus kurus? Jangan-jangan, berat badan anda sudah ideal, hanya saja tulang anda besar sehingga terlihat gemuk? Kalau anda sedang diserang penyakit tertentu, menurunkan berat badan bisa jadi salah satu solusi kesehatannya. Tapi, kalau hanya mengikuti tren atau orang lain, sebaiknya anda pikir-pikir lagi.

Stress.

Saat stress, tubuh memproduksi hormone kortisol yang melepas insulin. Insulin mampu meningkatkan nafsu makan dan menghasilkan lemak di sekitar perut. Bagaimana cara mengatasi stress? Mudah saja. Sediakan saja beberapa menit untuk relaksasi, lihat artikel sebelumnya. Anda bisa pula memasukkan pijat dan bermain.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: