Tips Tetap Langsing dan Singset

24 08 2009

Cuaca dingin maupun panas, ada saja alasan untuk malas ke luar rumah. Inginnya hanya duduk-duduk di depan televise atau computer, dengan sederet cemilan di tangan kanan Anda. Apalagi, kini restoran-restoran siap saji sudah lengkap dengan layanan pesan antarnya. Maka, jangan heran kalau di akhir bulan angka timbangan semakin besar saja.

Saatnya mangubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Upayakan ada keseimbangan antara asupan dan pengeluaran. Berikut enam langkah yang patut dicoba agar berat badan tetap terjaga.

  1. Minum teh hijau

Untuk merangsang metabolisme, Anda bisa minum teh hijau setiap pagi dan malam hari. Penyerapan makanan lebih cepat, pengeluaran pun lancar. Suplemen ini bisa membantu menurunkan berat badan secara natural.

  1. Olahraga fisik

Hal dasar dalam menjaga berat badan adalah olahraga fisik. Gunanya, membakar kalori dan mempercepat metabolisme. Lakukan saja dari rutinitas sehari-hari Anda. Selalu memilih tangga ketimbang elevator, sedikit peregangan tiap empat jam, atau sesekali Anda bersepeda ke kantor. Untuk kegiatan mingguan, sempatkan waktu ke gym, ikut kelas yoga, atau pergi mendaki gunung. Intinya: bergerak!

  1. Makan 5x sehari dengan porsi kecil

Makan dengan porsi besar sebenarnya bukanlah ide bagus. Sebanyak apapun yang masuk, tubuh Anda hanya mempu menyerap sebagiannya, sesuai aktivitas. Sebaliknya, tak baik juga makan hanya sekali sehari karena saat tubuh kelaparan, metabolisme melambat. Akibatnya, apa lagi kalau bukan berat badan naik. Disarankan, makanlah dengan porsi kecil, namun frekuensinya sering. Antara 4-5 kali per hari. Metabolisme yang semakin melambat memasuki usia 20an bisa diatasai dengan makan seperti ini.

  1. Aplikasikan Diet yang benar

Biasanya kata diet diartikan hanya makan sayuran dan buah-buahan. Berat badan memang bisa turun, namun tubuh jadi kekurangan gizi. Sebenarnya ada formula yang tepat dan simple untuk diet. Ingat, 25% asupan harus mengandung protein hewani (telur, ayam, ikan, dan lain-lain),50% berasal dari buah dan sayuran (serat, vitamin, antioksidan), dan 25% sisanya mengandung kacang dan bibit (beras, gandum, kacang tanah, dan lain-lain). Tak lupa, kurangi makanan berlemak dan karbohidrat. Misalnya, gula, pasta, nasi putih. Setelah 2-3 pekan, lidah Anda akan terbiasa dan tak lagi merasa makan makanan hambar.

  1. Banyak minum air putih

Jika Anda kurang minum, tubuh secara otomatis menyetok air dan membuat badan bertambah berat. Karenanya,banyak-banyaklah mengasup air. Setiap hari, biasakan minum air lemon hangat sebelum makan. Cairan ini bermanfaat membuang racun dalam tubuh.

  1. Jangan lupa sarapan

Pagi hari adalah awal dari segalanya. Saat itu pula tubuh perlu energi sebanyak-banyaknya untuk dibakar sepanjang hari. Karena itu, penuhi perut Anda dengan makanan kaya nutrisi.


Aksi

Information

One response

10 05 2012
Dian

jadi harus sarapan yah?
hehehe… kirain ngga boleh sarapan…
trims infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: