Tips Tidur Nyenyak

23 08 2009
insomnia

insomnia

Insomnia, satu kata yang sering jadi momok seseorang ketika malam hari tiba. Apa yang bisa membuat anda tetap terbangun padahal sudah bekerja seharian? Kemungkinan besar adalah karena stress masalah pekerjaan, keuangan, percintaan, atau keluarga. Rasa cemas yang berlebihan merangsang adrenalin dan memacu kerja jantung, tekanan darah jadi meningkat. Akibatnya, anda kehilangan hasrat tidur dan terjaga sepanjang malam.

Stress membuat otak dan raga dalam keadaan siap pacu. Sedangkan untuk dapat tidur nyenyak, kuncinya adalah tubuh harus dalam keadaan netral. Bagaimana caranya menetralkan tubuh? Berikut tips dari para ahli kesehatan yang patut dicoba.

Tonton acara lucu
Sebelum tidur, kebanyakan orang menyetel televisi untuk update berita. Tak ayal, pikiran makin disesaki masalah dari seluruh penjuru dunia. Ubah kebiasaan ini. Nonton berita cukup sampai pukul sebilan malam.

Ganti saluran pengantar tidur anda dengan serial-serial sitcom (komedi situasi) yang kisahnya ringan dan mengundang tawa. Riset membuktikan bahwa tertawa dapat menurunkan tekanan darah, melegakan saluran pernapasan, dan meringankan kerja jantung.

Mandi air hangat

Berikan tanda pada tubuh anda setidaknya 20 menit sebelum tidur. Caranya, basuh tubuh dengan air hangat. Hangatnya air mampu meredakan otot-otot yang tegang. Begitu selesai, udara dingin yang merasuk dalam tubuh jadi tanda untuk menurunkan suhu badan. Ketika anda menyentuh bantal, pelan-pelan suhu tubuh normal kembali. Dalam sekejap, anda pun sudah berada di dunia mimpi.

Buat jadwal kegiatan esok hari setelah makan malam

Memang, orang cenderung punya waktu untuk dirinya sendiri tepat sesaat sebelum tidur. Karena itu, begitu mau merem, otak masih mau berpikir untuk esok hari. Sebaiknya, anda lawan keinginan tersebut. Solusinya, pastikan anda sudah menulis semua daftar yang harus dilakukan esok hari setidaknya dua jam sebelum tidur. Waktu yang paling pas, usai santap malam.

Relaksasi

Ada beragam cara relaksasi sebelum tidur. Pertama, dengan menarik napas dalam-dalam. Hirup udara dalam enam hitungan perlahan, lalu embuskan dengan hitungan yang sama. Kedua, bayangkan anda lagi ada di pantai. Imajinasi visual dapat menggantikan posisi pikiran-pikiran negative anda. Terakhir, anda bisa menggeliatkan badan (dikenal juga dengan istilah ngule). Tegangkan tubuh untuk beberapa detik, lalu lepaskan. Latihan ini membantu anda rileks dan kembali focus.

Berpikir positif

Kalau ada masalah, orang cenderung memikirkan kemungkinan- kemungkinan terjadi buruk yang bisa terjadi. Mulai sekarang, ubah cara piker anda. Daripada panik memikirkan hal-hal buruk yang belum tentu terjadi, mengapa tidak memutar cara pandang dengan berpikir positif? Coba melihat masalah dari berbagai perspektif. Maksimalkan juga fungsi otak untuk menemukan solusinya.

Selamat Mencoba.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: