Atasi STRESS Dengan Relaksasi

10 08 2009
STRESS

STRESS

Stress merupakan hal yang menakutkan. Semua orang pasti tidak mau mengalaminya. Berdasarkan info yang saya dapat, biasanya STRESS disebabkan oleh tingginya permintaan dari luar yang tak mampu ditampung oleh tubuh. kemudian, respon dari otak mengenai demand  itu yang berakibat tubuh lelah. Singkatnya, STRESS adalah respon umum dari tubuh ketika menghadapi sesuatu yang ‘berat’ dari lingkungannya. Efeknya, gangguan pada emosi dan fisik orang tersebut.

Lalu bagaimana jika anda mengalaminya? Salah satu solusi yang termudah adalah relaksasi. Berikut ini beberapa cara efektif yang bisa dijalani jika diserang STRESS.

BICARAKAN MASALAH ANDA

Saat otak dipenuhi masalah, tak ada salahnya membagi sedikit beban anda kepada teman atau keluarga terdekat. Setiap orang biasanya punya satu teman kepercayaan tempat menaruh rahasia maupun uneg-uneg. Pendapat mereka perlu untuk melihat masalah secara lebih obyektif.

MANJAKAN DIRI ANDA

Dari 24 jam waktu yang tersedia dalam satu hari, pastikan anda melakukan sesuatu yang benar-benar anda sukai, setidaknya selama satu jam. Hal ini berguna untuk merapikan kembali otak anda yang kusut setelah seharian berpikir. Hormone-hormone yang membangkitkan rasa bahagia pun akan segera bekerja.

TERTAWALAH

Tertawa adalah obat paling mujarab di dunia. Berdasarkan sebuah studi bahwa penyakit apapun, bisa dikalahkan oleh kekuatan tawa. Saat anda tertawa, pasokan oksigen di paru-paru meningkat, hormone endorphin terstimulasi, dan muncul rasa senang yang luar biasa (euphoria). Terkadang, tertawa juga membuka gerbang pertemanan baru.

GERAKKAN TUBUH ANDA

Baker energi penyebab stress anda dengan berolahraga. Sebuah studi memaparkan bahwa dengan melakukan 20-30 menit aerobic tiga kali seminggu selama 12 pekan, rasa depresi dan resah bisa berkurang hingga 50 persen. Gerakkan stretching ringan bisa membantu anda menang  melawan stress.

KATAKAN TIDAK

Anda harus berani mengatakan ‘tidak’ pada sesuatu di luar batas kemampuan. Berikan ruang dan hargailah diri anda. Jangan sampai kemarahan anda meledak tiba-tiba karena tak sanggup menahan emosi. Hal ini tidak hanya berakibat buruk bagi kesehatan tapi juga bagi lingkungan social anda.

BELAJAR MENERIMA KENYATAAN

Terima kepribadian anda dengan legawa. Daripada mati-matian mengubahnya, lebih baik anda belajar untuk mengontrol kelemahan dan kelebihan yang ada dalam diri anda. Berhenti mengingat-ingat kesalahan masa lalu dan cobalah untuk menatap masa depan.

ATUR PRIORITAS

Hidup bisa lebih baik kalau anda punya rencana hidup. Dari situ, anda bisa tentukan mana yang prioritasnya. Segera selesaikan rencana di daftar paling atas sehingga pikiran anda bisa digunakan untuk kepentingan lain.

BERPIKIR POSITIF

Hindari mencari pembenaran atas kesalahan dan meragukan diri sendiri. Kalau anda salah, akui saja dan segera cari solusinya. Kalau anda benar, yakini bahwa itu bersal dari kekuatan dalam diri anda sendiri, bukan dari bantuan orang lain.


Aksi

Information

One response

23 08 2009
Tips Tidur Nyenyak « Sandi's blog

[…] Stress membuat otak dan raga dalam keadaan siap pacu. Sedangkan untuk dapat tidur nyenyak, kuncinya adalah tubuh harus dalam keadaan netral. Bagaimana caranya menetralkan tubuh? Berikut tips dari para ahli kesehatan yang patut dicoba. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: