Gasing Nyaris Punah

26 07 2009

Hampir seluruh daerah di Indonesia mengenal permainan ini, meski dengan nama yang berbeda. Diantaranya gansing (Jakarta), panggal (Jawa Barat), pukang (Lampung), gasing (Jambi, Bengkulu, Tanjungpinang, dan kepulauan Riau), begasing (Kalimantan Timur), gangsingan(DIY dan Jawa Tengah).

Namun sekarang ini jarang sekali anak-anak bermain gasing, mainan gasing tergolong langka. Walau di beberapa tempat dan kesempatan masih tersedia, hampir tidak ada lagi anak-anak yang suka bermain gasing. Gasing kalah dengan mainan-mainan modern, sebangsa PlayStation, computer game.

Gasing adalah mainan yang menghasilkan suara berdesing. Tapi gasing bukan hanya enak untuk didengarkan, tapi asyik untuk dimainkan dan memberi perasaan menegangkan karena bisa diadu. Aturan mainnya cukup sederhana, seseorang cukup melemparkan gasingnya dan lawannya harus berusaha menjatuhkan gasingnya. Setelah berhasil menjatuhkan gasing lawan maka gasing sendiri harus tetap teguh berputar. Kalau gasingnya ikut jatuh juga maka dinyatakan kalah.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam gasing, yaitu gasing tangankecil bentuknya seperti bakal buah atau buah ada tongkatnya. Gasing ini bisa dibawa orang pada telapak tangannya dengan berputar. Gasing penderu, terbuat dari tempurung yang keras atau potongan bambu, disalah satu dindingnya terdapat satu atau lebih cerah yang dipotong. Gasing ini diputar dengan tarikan tali yang sebelumnya digulung pada sumbunya, yang ada pada tempurung buah atau bambu. Serta gasing pasak yang dibungkus dengan tali lalu gasing tersebut dilempar dan putarannya dikendalikan dengan tali itu. Dan masih banyak lagi gasing-gasing lainnya yang tiap daerah tentunya berbeda-beda.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: