Etika Ber-Facebook

26 07 2009

Saat ini Facebook sudah membooming. Hampir semua orang memilikinya. Akan tetapi kita harus berhati-hati dengan aturan tidak tertulis di jagat “Facebook”. Ada baiknya kita memperhatikan etika di Facebook yang merupakan aturan tidak tertulis. Berikut etika ber”Facebook” yang perlu diperhatikan:

  • Status hubungan

Status in relationship with dalam Facebook bukan sekedar humor. Status ini berarti penAnda hubungan Anda dengan pasangan. Jangan pernah mengubah-ubah status hubungan Anda tanpa kesepakatan. Banyak kasus buruk terjadi akibat seseorang mengubah statusnya secara sepihak. Dalam dunia Facebook, teman-teman Anda atau teman pasangan Anda bisa mengetahui perubahan status ini dengan cepat. Namun sebetulnya Facebook telah mengantisipasi hal ini. Gunakan fasilitas privacy lalu tAndai pilihan bahwa Anda tidak menginginkan perubahan status terlihat di wall.

  • Etika ber-Tagging

Fasilitas yang memudahkan penyebaran foto ialah tagging. Anda bisa dengan mudah melakukan tag pada foto Anda bersama teman-teman saat liburan bersama. Tapi jangan lupa, tidak semua orang bersedia foto dirinya tersebar begitu saja di jagat Facebook. Tanyakan lebih dahulu jika Anda nge-tag foto karena siapa tahu yang bersangkutan tidak suka.

  • Hindari curhat di Facebook

Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi Anda sebaiknya tidak usah terlalu dipublikasikan. Jadikan Facebook sebagai ruang public yang sehat dengan tetap santun dan tidak terlalu mengumbar perasaan personal. Lagi pula, hati-hati karena kisah hidup Anda bisa diumbar ke mana-mana.

  • Santun saat berteman dengan teman dari sahabat Anda

Jika ingin terhubung dengan seorang teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda sebagai penghubung. Katakana dari siapa Anda mengetahui profil mereka. Gunakan sopan santun yang umum dalam kehidupan sehari-hari.

  • Jangan membuat profil palsu

Hati-hati jika Anda punya bakat usil mengerjai seorang dengan membuat profil palsu tentang mereka. Jangan pernah melakukannya karena jika ketahuan, habis sudah. Semua orang akan memberi cap negative pada Anda.


Aksi

Information

One response

7 08 2009
Etika Ber-Facebook « 24 HouRS

[…] Etika Ber-Facebook […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: