GLOBAL WARMING DALAM ISLAM

21 07 2009

Saat ini, banyak sekali wacana yang bisa kita dapatkan yang menjelaskan global warming dari beragam sudut pandang. Isu global warming terus mewarnai berita-berita mulai dari media cetak hingga media elektronik. Akan tetapi, semuanya sependapat bahwa global warming yang sering diperbincangkan saat ini adalah hasil dari segala aktifitas manusia saat ini yang terus menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa segala kerusakan dibumi ini disebabkan oleh ulah manusia. Sebagaimana firmannya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan kerena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali.”(QS. Ar-Ruum [30]: 41)

Pada asalnya Allah telah menciptakan alam ini dengan seimbang. Namun, dengan keserakahan manusia saat ini yang semakin menjadi-jadi maka terjadilah beragam kerusakan dan kehancuran alam ini.  Allah berpirman:

“(Allah) yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu Lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (QS. Al-Mulk: 3)

Andaikata kebenaran itu menuruti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini dan semua yang ada didalamnua. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka kebanggaan (Al-Qur’an) mereka tetapi mereka berpaling dari kebanggaan itu.”(QS. Al-Mukminun: 71)

Pada awalnya efek rumah kaca memberikan manfaat bagi manusia dan seluruh mahluk hidup di bumi. Efek rumah kaca telah menghangatkan suhu bumi ini, tanpa efek rumah kaca maka suhu bumi bisa mencapai -180 C, satu kondisi yang terlalu dingin bagi kehidupan manusia. Tetapi setelah terjadi revolusi industri pada tahun 1700-an, jumlah emisi gas rumah kaca semakin meningkat ditambah keadaan masyarakat saat ini yang semakin konsumtif.

Hampir seluruh masyarakat dunia saat ini dikuasai oleh Peradaban Barat, peradaban yang konsumtif, hedonisme, tamak, peradaban yang mengagungkan keduniaan. Banyak sekali teknologi-teknologi baru yang ditemukan akan tetapi sayangnya tidak dibarengi dengan ketakwaan, sehingga teknologi tersebut hanya digunakan untuk memenuhi hawa nafsu belaka.

Ketika kita mengikuti hawa nafsu kita maka akan terjadi lingkaran setan yang tidak ada ujungnya. Sebagai contoh; ketika udara makin panas akibat makin pekatnya gas karbon dioksida di atmosfir, lantas orang pun membutuhkan gas pendingin untuk menyejukkan ruangannya dengan menyalakan AC pada suhu yang rendah dimana AC itu sendiri merupakan salah satu dari penyebab  global waring. Karena dibutuhkan biaya dan energi yang besar hanya untuk menyejukan ruangan, maka sama aritnya dengan berkurangnya dana orantg kaya untuk membantu kaum miskin dan memperbaiki kerusakan lingkungan di sekitarnya. Di pihak lain, karena orang miskin makin sulit mencari nafkah di tengah himpitan ekonomi, maka banyak di antara mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang sugguh irasional seperti merusak lingkungannya sendiri yang nantinya malah akan menambah efek rumah kaca.

Islam adalah agama yang sempurna, urusan lingkunganpun sudah ada aturannya. Banyak dalil-dalil yang menerangkan tentang masalah pelestarian lingkungan dan alam sekitarnya. Masalah pelestarian lingkungan yang marak saat ini karena adanya global warming ternyata telah dijelaskan belasan abad yang lalu.

Sesungguhnya Islam adalah agama yang ramah lingkungan. Islam memerintahkan umatnya untuk menjaga lingkungan dan dilarang merusak lingkungan tanpa ada alasan yang kuat. Bahkan, Rasulullah SAW. melarang sahabatnya merusak pohon-pohon didaerah yang berhasil dikuasai. Rasulullah bersabda;

Barangsiapa yang menebang pepohonan (tanpa alasan yang benar), maka Allah akan mencelupkan kepalanya ke dalam neraka”.

Sudah saatnya kita kembalikan semuanya kepada syariat Islam, dengan begitu bumi akan kembali bersih, langit yang cerah akan kembali biru tanpa terkontaminasi zat-zat tertentu.


Aksi

Information

One response

21 07 2009
gucang

bener juga sich supaya bumi Langit kita bersih kembali.

Stop Global Warming

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: