Rumah Kita

9 07 2009

Seringkali di malam hari yang cerah, kita terpesona melihat bintang-bintang kecil yang sangat banyak, melihat karya-NYA yang maha besar. Bintang-bintang tersebut jumlahnya sangatlah banyak hingga mencapai milyaran. Akan tetapi, apakah kalian mengetahui bahwa bintang-bintang yang kita lihat setiap malam adalah bagian kecil dari alam semesta ini. Bintang yang dapat kita lihat masih satu rumah dengan matahari yang selalu kita lihat yaitu Bimasakti.galaksi

Matahari merupakan salah satu dari miliaran bintang yang ada di Bimasakti. Matahari ternyata adalah bintang berukuran sedang, bahkan para ilmuwan menyebutnya bintang kerdil kuning. Dari namanya bisa kita ketahui bahwa masih banyak bintang-bintang yang ukurannya lebih besar dari matahari. Ada bintang yang ukurannya hingga mencapai jutaan kali dari matahari, bintang ini disebut bintang raksasa dan apabila bintang ini mati maka akan menghasilkan ledakan yang sangat besar yaitu supernova.

Jarak matahari-bumi itu sendiri mencapai 150 juta kilometer. Waktu yang diperlukan cahaya matahari untuk mencapai bumi adalah 8 menit 20 detik. Dan suhu permukaan bumi mencapai 60000 celcius. Matahari kita ini berputar mengelilingi pusat Bimasakti yang diperkirakan berupa lubang hitam (black hole). Matahari ternyata tidak berputar sendirian, dia memiliki banyak teman untuk mengelilingi Bimasakti, mereka disebut tata surya (solar system). Bumi merupakan salah satu anggota tata surya.

Bimasakti merupakan kelompok bintang yang jumlahnya sekitar 200 milyar bintang. Bagi kita Bimasakti nampaknya berbentuk tipis memanjang yang menunjukkan bagian tengah galaksi Bimasakti.Jika kita melihat keseluruhannya, akan nampak bahwa bentuknya melengkung berbentuk spiral. Bumi kita ini bergerak di ruang angkasa, di salah satu lengan Bimasakti. Cahaya dari sebuah bintang di sisi terjauh dari Bimasakti membutuhkan waktu 100.000 tahun untuk mencapai bumi.

Bimasakti yang merupakan rumah bagi tata surya kita adalah salah satu dari milyaran galaksi yang ada di alam semesta ini. Alam semesta (Universe) mempunyai milyaran galaksi. Astronom pernah mengira bahwa galaksi tersebar merata di ruang angkasa, tetapi sekarang kita tahu bahwa galaksi itu terkumpul bersama dalam cluster atau super-cluster yang sering disebut nebula. Bimasakti merupakan anggota dari suatu cluster yang terdiri dari kurang lebih 30 galaksi yang oleh astronom disebut kelompok lokal. Ternyata setiap saat alam semesta ini mengembang, setiap galaksi bergerak saling menjauh satu sama lain. Alam semesta ternyata lebih besar daripada yang bisa kita bayangkan.

Alangkah baiknya jika apa yang kita ketahui ini bisa menambah keimanan kita, karena dalam alquran diterangkan bahwa diantara terciptanya langit dan bumi, silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang yang berpikir. Dengan mempelajari alam sekitar kita, kita bisa menambah ilmu dan keyakinan kita terhadap kebesaran-NYA akan semakin tebal.


Aksi

Information

One response

13 07 2009
djulandriat

umm, di nebula manakah kita berada?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: