POWER-LAW PEMILU

1 07 2009

Mungkin sebagian dari anda bingung dengan judul diatas, apa tuh POWER-LAW? POWER-LAW adalah sifat distribusi yang dipergunakan dalam peristiwa fisika yang berhubungan dengan keadaan kritis. Lho, kok masuk ke fisika! Memang, ternyata pada saat Pemilu tahun 2004, terdapat konsep fisika di dalamnya.

Fisika dengan Pemilu memang cukup asing dikaitkannya, namun ternyata pada tahun 2004, konsep fisika ini benar ada. Jika pergerakan saham menjadi fokus perhatian ekonofisika (econophysics), maka pemungutan suara dan pemilu bisa merupakan salah satu pusat perhatian sosiofisika (sociophysics).

Dengan peralihan distribusi, jumlah perolehan suara tersebar tidak merata. Ketidakseimbangan antara penyebaran suara yang satu lebih banyak, sedangkan yang satu lagi tersebar dengan suara yang lebih sedikit.

Kategori sifat distribusi tersebut disebut distribusi power-law, yang dipergunakan dalam peristiwa fisika yang berhubungan dengan keadaan kritis. Pada kondisi seperti ini, air berada diantara cair dan gas. Molekul-molekul pada air melakukan tindakan untuk mengatur dirinya untuk mengubah massa jenis, kompresibilitas dan viskositas air tersebut.

Terkait dengan pemilu, distribusi power-law mengkondisikan masyarakat pada keadaan kritis, masyarakat dituntut menentukan pilihannya berdasarkan pada kehendaknya masing-masing (demokratis).

Sifat pengaturan diri pada kondisi yang kritis, sebagai orientasi mendatang pemilihan Presiden dapat diprediksikan bahwa nantinya yang akan terpilih adalah seorang Presiden yang mampu mensosialisasikan dirinya ke masyarakat umum, melalui media massa maupun kunjungan tatap muka langsung.


Aksi

Information

One response

6 07 2009
djulandriat

pake toeri probabilitas juga gag san?hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: