BELAJAR FISIKA DARI HEWAN

1 07 2009

Kebanyakan orang tidak suka dengan fisika. Jika mereka mendengar fisika, mereka selalu membayangkan rumus-rumus yang membingungkan. Namun, ternyata banyak hal yang sangat menarik dalam fisika. Contohnya adalah hewan.25

Terlepas dari kesadaran manusia, ternyata beberapa hewan juga mampu berinteraksi dengan ilmu fisika. Sebagai contoh; burung. Hewan ini, umumnya mampu melakukan penerbangan secara sempurna. Hal ini, dikarenakan bentuk sayap yang melengkung bersifat aerodinamis, mengatur udara untuk mengalir lebih cepat di permukaan atas, sehingga terjadi perbedaan tekanan antara sayap atas dengan sayap bawah. Desain yang demikian, menciptakan gaya tarik gravitasi untuk seekor burung yang terbang secara mulus. Desain ini juga digunkan oleh manusia dalam membuat sayap pesawat terbang. Kita bisa mempraktekkannya dengan meniupkan udara pada dua kertas yang saling berhadapan.

Adapun hewan lainnya, seperti ikan lumba-lumba sebagai pencipta alat navigasi. Seekor bebek mampu menghasilkan tenaga jet yang mendorong kakinya melesat ke udara. Sedangkan kelelawar menerapkan metode penggunaan radar. Ikan menggunakan konsep fisika dalam pergerakan melawan arus air.

Seringkali kita mendengar keajaiban dunia, mitologi pada kucing yang memiliki sembilan nyawa. Hal ini akibat kelenturan tubuh yang dimiliki seekor kucing untuk melompat dari ketinggian yang tidak kita kira. Selain itu, kawat listrik bertegangan tinggi sebagai penghantar dapat diinjak oleh seekor burung.

Itulah salah satu hal yang menarik dalam fisika. Kita bisa mempelajari hal-hal menarik lainnya dengan mempelajari keadaan lingkungan sekitar kita, karena fisika sangat erat dengan kehidupan sehari-hari kita.


Aksi

Information

6 responses

5 03 2013
google seo services

Hello there! Quick question that’s completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone4. I’m trying to find a template or plugin that might be able to resolve this issue.
If you have any suggestions, please share. Appreciate it!

15 02 2013
Delbert

I simply couldn’t leave your site before suggesting that I really loved the standard info an individual supply in your guests? Is gonna be back ceaselessly to check up on new posts.

15 07 2009
ridwan tea

boleh kaih commen gak…………
boleh kok………
heeeeee……..he…………..

jangan lupa yah visit my blog

nurietea.wordpress.com

21 07 2009
koesandi

boleh lah……….!

sip akn saya visit.

4 09 2009
c ronal

e taik ku bunuh

6 07 2009
koeina

kasih gambar hewannya jangan burung ja atu……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: