Mencegah Tikus Masuk Rumah

2 11 2009

Hewan yang satu ini kerap kali menimbulkan masalah yang tak kunjung usai. Ada saja perilakunya yang membuat kita kesal. Mulai dari memakan kabel listrik hingga kotoran yang ditinggalkan dan mengacak-acak makanan. Tikus bisa berada dimana saja, selokan, atap dan di dalam rumah. Usaha untuk memberantas tikus merupakan hal yang terlalu klise. Hewan ini tidak mungkin diberantas hingga populasinya hilang sama sekali.

 

Upaya yang dapat kita lakukan adalah tahap antisipasi dan pengendalian karena lingkungan di sekitar rumah kita juga berperan dalam kehidupan tikus. Pengendalian dapat dilakukan agar populasi mereka tidak terus berkembang biak dan ini menjadi cara yang paling efektif untuk menekan populasinya. Pengendalian tikus dapat dilakukan secara terpadu dalam berbagai cara. Misal, secara biologis (pemangsa kucing), kimia (obat-obatan), fisik (perangkap dan lem tikus), dan sanitasi lingkungan (menjaga kebersihan). Menjaga sanitasi lingkungan agar tetap bersih dan terawatt merupakan langkah antisipasi yang dapat kita lakukan.

 

Menutup Jalan Masuk Tikus

 

Tikus menyukai tempat-tempat gelap, lorong-lorong kecil, tumpukan barang, tempat kotor dan sebagainya. Tanah di taman yang gembur juga kerap dijadikan rumah tikus yang nyaman. Biasanya tikus memanfaatkan sisi pojok taman dengan tanaman di atasnya. Umumnya tanah memiliki tingkat kepadatan yang kurang, sehingga dengan mudah dibuat lubang. Untuk mengantisipasinya, kita harus mengindarai bagian taman tersebut dari tanaman yang dapat memudahkan tikus membuat lubang.

 

Lakukan pemadatan tanah dengan membiarkannya hanya ditanami rumput atau membuat resapan air dengan meletakan batu kerikil dalam jumlah yang banyak. Misalkan saja, membuat resapan dengan kedalaman 50-70 cm di bagian sisi taman yang kerap dijadikan jalan tikus. Area resapan juga dapat dimanfaatkan untuk jalan setapak atau penghias taman. Hindari membuang sisa air limbah kamar mandi dan dapur yang dibuang melalui pipa pembuangan ke selokan. Karena saluran pipa tersebut juga kerap dijadikan jalan masuk.

 

Pintu Masuk yang Lain

 

Apabila area taman sudah dilakukan tahap antisipasi, tikus akan mencari cara lain untuk masuk ke dalam rumah. Contohnya melalui rumah tetangga yuang berhimpitan dengan rumah kita. Jika memungkinkan, hindari rumah dengan menghilangkan ruang bawah atap, karena biasanya tikus menyukai area ini. Jika semua sudah dilakukan, maka tahapan akhir yang harus dicoba dengan memutus mata rantai makanannya. Tikus yang sering datang disebabkan di dalam rumah terdapat makanan. Mereka bisa berkali-kali datang ke tempat yang sama tanpa kita sadari.

 

Jauhkan berbagai makanan dari area yang terbuka dan mudah dijangkau. Sebaiknya, simpan dalam satu tempat yang rapat dan kuat. Misal, lemari berbahan metal yang tidak mungkin dibuat lubang tikus. Buang sisa makanan secepatnya dan jangan dibiarkan menumpuk pada tempat sampah. Jika sumber makanan yang dicari tidak ada di rumah kita, tentu tikus tidak akan kembali pada rumah yang sama. Mereka akan mencari sumber makanan yang lain.

 

Mengenali Jenis Tikus

 

Tikus yang ada di rumah terbagi 3 jenis, tikus got, atap dan tikus rumah. Tikus got sangat menyukai daerah basah yang kotor dan bau. Biasanya bersarang di selokan dan tanah dan mencari makan di tempat sampah. Tapi adakalanya sesekali masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan. Tikus atap, enis ini bersarang di atap rumah yang kotor dan gelap, disela-sela dinding dan lain-lain. Sumber makanan berasal dari sisa makanan rumah yang bertumpuk di dapur dan tempat sampah. Kerap merusak benda-benda di rumah yang berbahan kayu, seperti lemari. Jika di atap sering menggigit kabel, rangka atap dan lainnya.

 

Jenis tikus rumah atau biasa disebut mencit/nyingnying atau curut berukuran kecil. Lebih sering berada di dalam rumah seperti kolong meja, kolong lemari, tumpukan buku, tumpukan kardus, dan lainnya. Sumber makanannya hamper sama dengan tikus atap. Hanya saja tikus ini juga sering memakan kertas dan kardus yang dijadikan tempatnya bersembunyi.

About these ads

Aksi

Information

5 responses

7 01 2012
T Halim

mohon lebih komplit tulisannya, krn belum tuntas. pertanyaan: kalau sudah merajalela dalam rumah, apa yang harus dilakukan supaya dia keluar? katanya ada semacam buah yang merupakan musuh tikus. apa ya?

1 10 2011
kenzi

kalau tikus di toko bagaimana? hampir semua barang dagangan saya banyak di rusak tikus,,,

1 10 2011
dimas

…pantesan aja dirumah merajelala…diracun gak kapok…!, lubang ditutup malah dijebol…?! ..Good article..! harus dicoba. Thank’s,

8 10 2011
koesandi

Oke, selamat mencoba…
semoga berhasil

2 06 2011
Aatea

sumpah deh aku pusing banget ama yang namanya tikus udah pake segala cara tetep ga berhasil… pussssiiiing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: